Monday, November 14, 2016

Monday, November 14, 2016


OS-14.blogspot.com - Hellloooooo semuanya....  Selamat hari Senin... Selamat pagiiiiiiii.....
Kembali lagi bersama mimin yang kece satu ini :D. Dengan segala macam kekeceannya, hehe. Yang akan memberikan sobat semua tutorial, menginstal Operating System melalui VirtualBox....
Setelah kemarin mimin membagikan Cara Menginstal Ubuntu 15.10 dengan VirtualBox, pada kali ini mimin akan membagikan tutorial tentang Cara Menginstal Ubuntu 16.04 dengan VirtualBox.
Langsung saja kita ke TKP gan.

Seperti biasa ini spek laptop mimin:


Minimum Requerement buat Ubuntu 16.04:

Processor:- Intel(R) Celeron (R) CPUB815@1.60 GHz
2 GHz dual core processor or better, 2 GB system memory, 25 GB of free hard drive space,
RAM:- 2GB, System type:- 32 bit
But my system info is as below,


Karena instalasi masih sama, kita langsung menuju proses penginstalan yuk.

Pilih master sistem operasi yang akan digunakan. Format file master sistem operasi dapat dalam bentuk iso, cdr atau dmg. Klik ganda pada file master Ubuntu 16.04 atau tekan tombolOpen untuk menutup pop-up pemilihan file dan kembali ke layar sebelumnya.
Setelah itu, tekan tombol Start untuk memulai proses instalasi mesin virtual Ubuntu 16.04.


Selanjutnya, kita diminta untuk memilih bahasa, kita bisa hanya mencoba ubuntu tanpa menginstall ubuntu tersebut dengan cara menekan tombol coba ubuntu. Dan kita juga bisa menginstall ubuntu dengan cara menekan tombol pasang Ubuntu.


Pada menu bersiap memasang ubuntu ini kita beri tanda contreng pada pilihan pasang perangkat lunak pihak ketiga ini kemudian tekan tombol lanjutkan.


Pada langkah ini, kita diminta untuk menentukan jenis instalasi Ubuntu. Contreng pada Enkripsi untuk keamanan pemasangan ubuntu, kemudian tekan tombol Pasang Sekarang.


Kemudian kita beralih ke langkah berikutnya, yaitu pengaturan keamanan. Buat kode keamanan tersebut, kemudian beri contreng pada timpa ruang kosong pada disk. Lalu klik Pasang Sekarang.


Kemudian kita diminta untuk menuliskan perubahan pada hardisk, jika kita tekan kembali kita bisa melakukan perubahan secara manual, jika kita tekan  lanjutkan maka akan muncul perubahan seperti ini. Disarankan untuk memilih Lanjutkan.


Tentukan dimana lokasi anda, untuk menentukan waktu, kemudian tekan Lanjutkan.


Tentukan papan ketik yang digunakan, jika sudah klik Lanjutkan.


Isikan identitas dan kata sandi yang akan dipakai, kemudian pilih salah satu opsi yang digunakan untuk masuk untuk menggunakan sandi atau tidak. Jika sudah klik Lanjutkan.


Lalu tunggu proses instalasi  selama beberapa menit siapkan cemilan yang banyak :D


Setelah proses instalasi selesai, kita diminta untuk merestart komputer dengan cara menekan tombol Nyalakan Ulang Sekarang.


Langkah terakhir masukkan kode keamanan dari FBI



Jika sudah muncul tampilan seperti ini berarti proses instalasi Ubuntu 16.04 sudah berhasil.


Ulasan mengenai Ubuntu 16.04:


  1. Software Center diganti!
    Pada versi 16.04 ini aplikasi Ubuntu Software Center tidak aka lagi digunakan. So why?. Katanya sih Ubuntu Software Center itu sedikit lemot, dan dengan itu maka Ubuntu Software Center  diganti dengan Ubuntu Software.
    Kelebihannya : tentunya lebih cepat, dan lebih simple.
    Kekurangannya : Banyak apps yang tidak ditemukan, contoh Play On Linux, software sakral ini tidak ada di Ubuntu SOftware yang baru.
    Rekomendasi dari mimin sih: Pakai 2 Software Center, kalian bisa mendownload lagi Ubuntu Software Center  di Ubuntu Software. 
  2. Upgrade Software Terbaru
    Mozilla Thunderbird 45.0
    LibreOffice 5.1
    Python 3.5
    QML-based USB Startup Creator
    Docker 1.10
    Linux Kernel 4.4
Dengan penambahan ini tentunya kita bisa lebih asik lagi dalam penggunaan linux, selama penggunaan laptop mimin terasa sangat panas, terutama ketika tidak memakai cooling pad, maka tanganpun akan terasa sedikit panas, terutama ketika kita menyentuh bagian kipas disisi kanan laptop kesayangan mimin. Dengan versi terbaru ini sih suhu laptop terasa normal seperti ketika menggunakan windows, mungkin ini adalah salah satu perbaikan pada kernel system linux yang baru.

Kesimpulannya, di laptop mimin nginstal Ubuntu 16.04 melalui virtualbox tidak ada masalah semua lancar-lancar saja, cuma waktu menginstal sedikit lebih lama daripada yang sebelumnya daripada bete, mending dengerin mimin pantun, dua.. tiga.. booting lama, sampai jumpa semuanya......

Sudahlah sekian dari mimin yang super kece dan hitz ini. Sampai berjumpa di postingan selanjutnya

0 komentar:

Post a Comment

 
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==