Monday, December 5, 2016

Monday, December 05, 2016

OS-14.blogspot.com - Ujian Akhir Semester (UAS) masih satu bulan lagi, tapi kisi-kisi udah keluar aja. Palingan juga dibuat belajar pas deadline mau UAS doang. Wkwkwk....
Inilah kisi-kisi soal UAS dari pak dosen yang keren, dan sudah saya jawab sendiri semampu saya, hehe.

  1. Mengapa sistem operasi Linux tidak bisa menyaingi kepopuleran sistem operasi Windows jika dilihat dari pemakaian masyarakatpada umumnya?
    Banyak faktor yang mempengaruhi populernya sistem operasi windows walaupun sistem operasi linux sudah membuat open source ( bebas diinstal) dan juga bisa memodifikasi sendiri dengan menganalisis apa kekurangannya, tetapi yang membuat windows lebih populer yaitu kebiasaan para pengguna yang dari awal sudah menggunakan windows, mereka tidak mau belajar lagi dari awal dan mengenal tentang sistem operasi linux. Faktor lainnya yaitu tentang kompatibel hardware dan software, pengembang hardware dan software lebih memilih bermitra dengan windows karena lebih menguntungkan dari segi finansial.

  2. Bagaimana menurut pendapat anda mengapa sistem operasi berlisensi semisal windows dan mac bisa lebih banyak dipilih oleh user sedangkan yang tidak berlisensi seperti linux dan android kurang dipilih?
    Seperti yang sudah saya jelaskan pada pertanyaan sebelumnya kurang lebih sama. Pertama kita hanya sebagai pemakai dan lebih berkeinginan memakai yang sudah populer, beda jika kita lebih berkeinginan memakai linux atau android disana kita juga akan berusaha mengembangkan sistem operasi tersebut kanena sistem operasi tersebut bebas dimodifikasi, selanjutnya yaitu malas belajar kembali dan juga kompatibel software dan hardware
  3. Sebutkan lima (5) versi virus, beri penjelasan dan penyebabnya?
    ⏩Trojan - Kode berbahaya yang berupa sebagai program atau aplikasi
    ⏩Worms - Program yang mirip virus, mampu mereplikasi diri dan dapat menyebabkan efek          negatif pada sistem, umumnya menyebar melalui email dan jaringan dengan meniru jaringan    dengan cepat sehingga seluruh jaringan akan runtuh
    ⏩Web Scripting Virus - banyak halaman web menggunakan kode yang kompleks dalam rangka    menciptakan konten yang menarik dan interaktif juga sering dimanfaatkan untuk tindakan          yang tidak diinginkan. Sumbernya yaitu halaman web yang terinfeksi.
    ⏩FAT virus - Yaitu virus yang menyerang lokasi file dan lain-lain. Dapat merusak informasi        penting juga file penting, kerusakan dapat menyebabkan hilangnya file atau bahkan seluruh      direktori.
    ⏩Polymorphic virus - Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.

  4. Menurut anda, langkah apa yang digunakan dalam mengoptimalkan kinerja windows 10, sebutkan !
    ➤Membeli windows original
    ➤Optimalkan penggunaan windows defender 

    ➤Rutin
     mendefrag harddisk anda paling tidak sebulan sekali 

    ➤Rutin untuk menghapus junk file dan membersihkan cache dengan software ccleaner, glary utilities, tune up, dll 

    ➤Menguninstal aplikasi yang sekiranya tidak digunakan 

    ➤Mendisable aplikasi yang meminta startup 

    ➤Usahakan harddisk laptop kita tidak penuh

  5. Jelaskan jenis-jenis software yang anda kenal !

    𝞸 Jenis Software berdasarkan Fungsi-nya:
    𝟏. Perangkat lunak Sistem
    Perangkat lunak yang kegunaannya lebih banyak ditujukan untuk operasional komputer: Sistem operasi (Windows, linux, MacOS,dll) dan Penerjemah bahasa pemrograman (compiler/interpreter). (C, Java, C++, C# compiler dll)
    𝟐. Perangkat lunak Aplikasi
    Perangkat lunak yang kegunaannya lebih banyak ditujukan untuk membantu menyelesaikan masalalah-masalah yang dihadapi oleh pemakai.  Program paket yang sudah jadi (word, exel, photoshop dll) dan Program aplikasi buatan sendiri.

    𝞸 Jenis Software berdasarkan Aplikasi-nya: 

    𝟏. Perangkat Lunak Sistem (Sistem Software) Sekumpulan program yang ditulis untuk kepentingan program lain. contoh : editor, driver dan lain-lain 

    𝟮. Perangkat Lunak Waktu Nyata (Real Time Software) Suatu perangkat lunak yang berfungsi mengendalikan, memonitor atau menganalisis kejadian (event) yang terjadi pada keadaan nyata (seketika). 

    𝟑. Perangkat Lunak Bisnis (Business Software) Perangkat lunak yang memberikan fasilitas operasi untuk bisnis atau fasilitas pengambilan keputusan manajemen. contoh : sistem akuntansi, inventory, payroll dan lain-lain. 

    𝟰. Perangat Lunak Rekayasa dan Sains (Engineering and Scientific Software) Perangkat lunak yang digunakan di dalam bidang aplikasi teknik dan kerekayasaan. Perangkat lunak jenis ini biasanya berhubungan dengan komputasi data numerik, CAD (Computer Aided Design), simulasi sistem, dan lain-lain. contoh : AutoCAD 

    𝟱. Embedded Perangkat lunak yang ditanam pada suatu chip (EEPROM) Perangkat lunak ini terintegrasi dengan perangkat keras dan berfungsi mengatur kinerja dari perangkat keras tersebut contoh : microwave oven, telpon genggam, pengaturan avionik pesawat udara, dan lain-lain. 

    𝟲. Perangkat Lunak Komputer Pribadi (Personal Computer Software) merupakan software yang banyak digunakan pada aplikasi yang bersifat perorangan contoh : pengolah kata, spreadsheet, game, DBMS dan lain-lain. 

    𝟳. Perangkat Lunak Intelegensia Buatan (Artificial Intelligent Software) merupakan software yang dibuat dengan menggunakan teknik algoritma non-numerik untuk memecahkan masalah yang kompleks, digunakan dalam bidang aplikasi kecerdasan buatan. Contoh : game, expert sistem, neural network, dan lain-lain.
  6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Operating System ?
    Operating System yaitu sebuah komponen perangkat lunak dasar tersistem sebagai pengola hardware dan software. Tanpa suati sistem operasi maka kita tidak bisa menjalankan apa-apa di komputer/laptop.
  7. Sebutkan dan jelaskan tentang langkah-langkah yang harus dilakikan oleh komputer saat pertama kali dijalankan ?
    Pada saat komputer/laptop pertama kali dijalankan (Booting) terdapat program awal yang harus dialankan yang disebut bootsrap. Program ini berisi semua aspek dari sistem komputer. Dengan kata lain komputer mengecek semua pheriperal dan setelah semua siap komputer akan langsung masuk ke operating system.
  8. Sebutkan sistem operasi yang anda ketahui dan jelaskan ?

    ⠛Windows

    Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.

    ⠛Mac OS

    Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM.

    ⠛Linux

    Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

    ⠛Apple iOS
    iOS merupakan versi mobile dari Mac OS X. Sistem operasi yang menggebrak dunia ponsel melalui iPhone, iPod hingga digunakan juga diperangkat tablet mereka; iPad. Sebuah sistem operasi yang memanusiakan manusia melalui fitur touch screen yang realistis.

    ⠛Ms DOS
    MS-Dos adalah nenek moyang dari Windows yang fenomenal saat ini. Coba saja tekan tombol windows + R, lalu ketik “cmd” dan tekan Enter. Jika muncul layar hitam dengan tulisan putih, berarti Anda sudah masuk DOS

    ⠛Android

    Android merupakan OS yang dibuat oleh Andy Rubin pada tahun 2005 sebelum diakuisisi oleh Google, dirilis tahun 2007 bersamaan dibentuk Open Handset Alliance. Pada saat perilisan android bersama Open Handset Alliance mendukung penuh pengembangan terbuka pada perangkat seluler atau biasanya di sebut dengan mobile. Device Android pertama adalah HTC Desire.
  9. Jelaskan Kegunaan sistem operasi ?
    Keguanaan sistem operasi yaitu sebagai penghubung antar user dngen perangkat, selain itu juga sebagai program pengendali untuk menghindari kesalahan penggunaan komputer dan mengatur penggunaan sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan layanan bagi pengguna.
  10. Mengapa sistem operasi windows lebih rentan terkena virus ?
    Karena, windows adalah OS sejuta umat dan paling populer didunia, maka windows menjadi target jahat para pembuat virus yang ingin menyalahgunakan data.
Alhamdulillah, itulah kisi-kisi UAS yang diberikan dari bapak dosen tercinta 😍😍. Sekiranya saya cuma bisa menjawab seperti itu karena sudah terlanjur dikumpulkan 😡. Kalau banyak kurangnya saya mohon maaf ya pak. Sekian dan terimakasih. 😄

0 komentar:

Post a Comment

 
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==