Monday, March 20, 2017

Monday, March 20, 2017
Apa itu OpenBTS?

merakit open btsOS-14.blogspot.com - Open Base Transceiver Station atau yang biasa disebut OpenBTS adalah sebuah BTS GSM berbasis software, yang memungkinkan handphone GSM untuk menelepon tanpa menggunakan jaringan operator selular.

OpenBTS yang dikenal sebagai implementasi open source awal dari protokol industri GSM (telekomnikasi) dikembangkan pertama kali oleh Harvind Samra dan David A. Burgess. Tujuan utama yang ingin dicapai adalah mengurangi biaya layanan GSM di wilayah rural di negara berkembang.

Di Indonesia, proyek Open BTS ini dimulai oleh
hacker ternama yang sangat keren yaitu Pak Onno W Purbo. Menurut beliau bermodalkan Open BTS ini, pengguna memungkinkan untuk menelepon dan SMS secara gratis (free), dengan biaya pemasangan yang relatif murah. Kualitas kecepatan pengiriman SMS atau suara telepon sama baiknya dengan telekomunikasi melalui operator biasa tetapi hanya pada jangkauan tertentu.


Peralatan Perang OpenBTS

Peralatan atau hardware yang dibutuhkan lihat pada gambar diatas. Hanya dibutuhkan peralatan sebagai berikut:

  • PC / laptop dengan sistem operasi Linux. Yang menjalankan software gnuradio, openbts dan asterisk. Ilmu tentang asterisk sebaiknya di baca di bagian VoIP.
  • USRP.

    Jika ingin memesan USRP untuk openbts ke http://www.ettus.com/order, pesanlah sesuai kebutuhan list dibawah hanya recommended :
  • USRP-PKG (1 buah)
  • RFX1800 (2 buah)
  • VERT900 (2 buah)
    Biaya sekitar (15-20 jutaan)

    Untuk yang ingin mengoprek yang lebih expert (mastah) ada baiknya memesan :
  • UN210-KIT (1 unit)
  • SBX (2 unit)
  • VERT900 (2 unit)

ini bisa dipakai untuk experimen Pemancar TV Digital DVB-T, WiMAX, WiFi selain OpenBTS.

Telekomunikasi melalui Open BTS bisa dilakukan dengan telepon genggam biasa, tidak perlu smartphone. Kartu simcard yang digunakan tidak perlu yang masih aktif, yang sudah mati pun bisa digunakanan. 

Jadi, OpenBTS yaitu sebuah BTS GSM berbasis software open source, yang memungkinkan handphone GSM untuk menelpon tanpa menggunakan jaringan operator selular yang ada. Open BTS dikenal sebagai implementasi open source pertama dari protokol standard telekomunikas GSM. Dengan menerapkan OpenBTS ini, maka komunitas-komunitas, civitas akademika, peneliti maupun masyarakat luas dapat mengembangkan dan menerapkan dan dapat menggunakan telekomunikasi dengan buatan sendiri. Dengan modal Open BTS, pengguna memungkinkan untuk menelepon dan SMS secara gratis walaupun dengan jarak tertentu..









0 komentar:

Post a Comment

 
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==