Monday, June 12, 2017

Monday, June 12, 2017
1. Buatlah susunan kabel untuk cross dan straight
Jawab: 
  • Straight: Orange Putih - Orange - Hijau Putih - Biru - Biru Putih - Hijau - Coklat Putih - Coklat
  • Cross: Hijau Putih - Hijau - Putih Orange - Biru - Biru Putih - Orange - Orange Putih
  • Image result for susunan kabel cross
2.  Jelaskan dan gambarkan jenis/tipe koneksi secara fisik
Jawab:
Topologi Ring
Pada topologi ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai di terima oleh komputer 4, jadi sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP Addres dia.

Topologi Bus
 
Topologi jaringan komputer bus tersusun rapi seperti antrian dan  menggunakan cuma satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.
Topologi Star
Topologi ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch lah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain.Topologi jaringan komputer inilah yang paling banyak digunakan sekarang karena kelebihannya lebih banyak.
  
Topologi Mesh
Pada topologi ini setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringannya menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain ataupun switch atau hub
Topologi Tree
Topologi jaringan komputer Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.

3. Apa yang saudara ketahui tentang OSI dan TCP/IP
Jawab: 
  • OSI adalah standar komunikasi yang diterapkan di dalam jaringan komputer. Standar itulah yang menyebabkan seluruh alat komunikasi dapat saling berkomunikasi melalui jaringan. Model referensi OSI (Open System Interconnection) menggambarkan bagaimana informasi dari suatu software aplikasi di sebuah komputer berpindah melewati sebuah media jaringan ke suatu software aplikasi di komputer lain.
  • TCP/IP atau Transmission Control Protocol/Internet Protocol adalah model jaringan yang digunakan untuk komunikasi data dalam proses tukar-menukar informasi di internet
4. Jelaskan tentang MAC (Media Access Control) Address
Jawab: Sebuah identifikasi unik yang dimiliki oleh setiap network card komputer, atau switch, atau router, atau access point, atau apapun yang mungkin dihubungkan ke jaringan. (Jaringan di sini dalam arti jaringan ethernet yang umumnya dipakai di kantor-kantor/sekolah/rumah)

5.  Jelaskan dan gambarkan tentang Addres Resolution Protocol
Jawab: Protocol yang berfungsi memetakan ipaddress menjadi MAC address. Dia adalah penghubung antara datalink layer dan ip layer pada TCP/IP. Semua komunikasi yang berbasis ethernet menggunakan protocol ARP ini. Intinya setiap komputer atau device yang akan berkomunikasi pasti akan melakukan transaksi atau tukar menukar informasi terkait antara IP dan MAC address. Setiap transaksi akan disimpan di dalam cache OS Anda. Bisa dilihat menggunakan perintah arp (baik di Windows atau Linux). 
 
 6. Apa yang saudara ketahui tentang Subnetting
Jawab: Subnetting adalah proses memecah suatu IP jaringan ke sub jaringan yang lebih kecil yang disebut "subnet." Setiap subnet deskripsi non-fisik (atau ID) untuk jaringan-sub fisik (biasanya jaringan beralih dari host yang mengandung satu router -router dalam jaringan multi).
7. Apa saja yang dapat dilakukan oleh wireless LAN yang dan dapat juga dilakukan oleh jaringan kabel
Jawab: Mentransfer data melalui udara dengan memancarkan gelombang elektromagnetik dengan menggunakan teknologi SSI, Wireless, LAN yang dapat memancarkan sinyal dengan lebar PITA 12 MHz.

8. Apa keuntungan dan kerugian frekuensi radio
Jawab: 
keuntungan jaringan kabel
1. Relatif murah
2. Tingkat keamanan relatif tinggi (karena terhubung langsung serta terpantau hubungannya).
3. Performa/Stabilitas jaringan dan bandwith yang lebih tinggi dan lancar
4. Reliabilitas
kerugian jaringan kabel
1. Kurang fleksibel jika ada ekspansi.
2. Mobilitas yang kurang
3. Wired lan harus di tempatkan di tempat yang aman
4. Security pada wired lan akan hilang pada saat kabel jaringan di potong atau ditap 

9. Dalam perhitungan matematika, berapakah nilai 1 watt dalam dBm
Jawab: 
P (dBm) = 10 log 1/10*-3
= 10 log 10*3
= 10 x 3 = 30 dBm

10. Sebuah sinyal RF berhubungan dengan spred spectrum apa yang akan terjadi
Jawab: Spread spectrum mengirimkan sinyal data secara menyebar diatas band yang lebar dari yang diperlukan

11. Jelaskan 4 standar utama IEEE yang mengatur wireless LAN
Jawab: 
  • 802.11
Standar 802.11 merupakan standarisasi WLAN pertama yang dipublikasikan oleh IEEE pada tahun 1997. Karena banyaknya jenis-jenis jaringan WLAN yang ada di pasaran, maka standar IEEE 802.11 menetapkan antarmuka (interface) antara klien WLAN (Wireless client) dengan jaringan Access Point-nya (network APs).
  • 802.11a
Standar 802.11a dipublikasikan pada tahun 1999 yang digunakan untuk mendefiniskan jaringan Wirelessdengan frekuensi 5 GHz Unlicensed National Information Infrastrusture (UNII). Kecepatan jaringan ini lebih cepat dari standar 802.11 dan standar 802.11b pada kecepatan transfer sampai 54 Mbps.
  • 802.11b
Standar 802.11b merupakan standar yang paling banyak digunakan di kelas standar 802.11. Standar ini dipublikasikan pada tahun 1999. 802.11b merupakan pengembangan dari standar 802.11 untuk lapisan fisik dengan kecepatan tinggi 802.11b digunakan untuk mendefinisikan jaringan Wirelessdirect-sequence spread spectrum (DSSS) yang menggunakan gelombang frekuensi indusrial, scientific, medicine (ISM) 2,4 GHz dan berkomunikasi pada kecepatan hingga 11 Mbps.
  • 802.11g
Standar 802.11g pada dasarnya mirip dengan standar 802.11a yaitu menyediakan jalur komunikasi kecepatan tinggi hingga 54 Mbps. 802.11g memiliki kelebihan dalam hal kompatibilitas dengan jaringan standar 802.11b.
 12. Bagaimana penggunaan pasif  scanning dalam suatu wireless LAN ?
Jawab: Lebih hemat waktu dalam menentukan lokasi dan associate pada akses point ketika roaming. Secara konstan monitoring rambu yang dikirim secara keseluruhan oleh akses point, suatu stasiun klien bisa mengikuti perkembangan akses point yang terbaik untuk reassocration. Didalam mengetahui akses point mana yang paling baik untu associate, waktu akan tersimpan dalam reassocration. Roaming membuat proses semakin hemat(tidak rumit), klien tidak perlu associate pada bridge.
13. Suatu jaringan yang menggunakan standart protocol 802.1x untuk kondisi. Jelaskan
Jawab: Merupakan standar IEEE Post berbasis Network AccessControl (PNAC). Protokol jaringan yang mendukung proses autentikasi sebelum userdapat terkoneksi ke jaringan.
14. antena diversity digunakan untuk permasalahan wireles LAN apa ? Jelaskan
  • Multipath
Solusi untuk multipath disarankan menggunakan antena diversity, menggunakan antena multiple, input, dan penerima
15. Ketika membeli RF konektor, manakah yang harus anda pertimbangkan ? Pilih semua yang digunakan. Jelaskan.
Jawab: 
  1.  RF connector harus match dengan impendansi dari semua komponen wireless LAN yang lain,
  2. Mengetahui banyaknya insertion loss masing-masing konektor dimasukkan ke penyebab timbulnya signal,
  3. Mengetahui spesifikasi dari the upper frequency last (frequency response) untuk konektor tertentu,
  4. Waspadai mutu konektor yang tidak baik, selalu pertimbangkan pembelian dari perusahaan yang mempunyai nama baik. Lalu pembelian pada konektor berkualitas tinggi yang diproduksi oleh perusahaan ternama.

0 komentar:

Post a Comment

 
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==